Jumat, 16 Oktober 2009

Sistem informasi, organisasi, dan strategi

Sistem informasi, organisasi dam strategi, semua ini saling terkait dimana organisasi memerlukan system informasi untuk melaksanakan strategi organisasinya.Teknologi system informasi yang berupa internet dapat mengurangi biaya transaksi, contoh dalam strategi pemasaran organisasi tersebut, selain biaya yang lebih murah internet juga mudah di akses oleh semua konsumen.

Organisasi adalah struktur formal yang lebih stabil dan formal yang mengambil sumber daya dari lingkungan dan memprosesnya untuk menciptakan output. Organisasi juga merupakan struktur social karena merupakan sekumpulan elemen social, kebanyakan sebagai mesin yang memiliki struktur tertentu.

Cirri-ciri organisasi

1. Rutinitas dan proses bisnis

Rutinitas terkadang disebut prosedur operasi standar adalah peraturan prosedur dan praktikyang jelas yang telah dikembangkan untuk mengatasi masalah seluruh situasi virtual yang diharapkan.

2. Politik organisasi

Secara virtual semua investasi besar pada system informasi oleh perusahaan yang membawa perubahan signifikan pada strategi, tujuan bisnis, dan prosedur menjadi kegiatan yang terbebani secara politik.

3. Budaya organisasi

Budaya organisasi meliputi seperangkat asumsi ini mengenai produk apa yang harus diproduksi organisasi, bagaimana organisasi harus memproduksinya, dimana dan untuk siapa.

4. Lingkungan organisasi

Organisasi berada di lingkungan dimana sumber daya didapatkan dan kepada siapa barang dan jasa dipasok.

5. Struktur organisasi


Model daya kompetitif porter

· Pesaing tradisional

Semua perusahaan memiliki pesaing di pangsa pasar, yang secara berkelanjutan menggunakan cara baru yang lebih efisien untuk memperkenalkan produk dan jasa baru kepada pelanggan.

· Pemain baru di pasar

Pada ekonomi bebas dengan sumber daya tenaga kerja dan keuangan yang dapat bergerak, perusahaan baru selalu memasuki pasar. Tetapi masalahnya disini adalah sejauh mana perusaan baru tersebut dapat bertahan setelah memasuki pasar.

· Produk dan jasa pengganti

Pada hamper semua industry terdapat pengganti yang mungkin digunakan pelanggan. Semakin banyak produk dan jasa pengganti pada industry anda, semakin tidak mungkin anda dapat mengendalikan harga dan semakin rendah margin laba anda.

· Pelanggan

Produsen harus dapat menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan.Hal ini dilakukan agar produsen tidak kehilangan konsumennya.Karena pada dasarnya konsumen itu tidak ada yang setia, jadi apabila produk yang dia inginkan tidak bisa dia dapatkan, atau harganya tinggi maka dia akan beralih ke produk yang lain. Kekuatan para pelanggan berkembang jika mereka dapat dengan mudah berpindah kepada produk dan jasa pesaing.

· Pemasok

Selain dengan pelanggan produsen juga harus dapat menciptakan hubungan yang baik pemasok. Hal ini dilakukan agar barang dan jasa yang di produksi oleh produsen tidak ada gangguan dalam pendistribusiannya..

Empat strategi dasar kompetisi

· Kepemimpinan pasar

Menggunakan system informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga rendahdari pesaing dengan meningkatan kualitas dan pelayanan.

· Diferensiasi produk

Menggunakan system informasi untuk membedakan produk, dan mengadakan produkdan jasa baru.

· Focus pada peluang pasar

Menggunakan system informasi untuk memungkinkan strategi yang focus pada peluang pasar.

· Kedekatan pelanggan dan pemasok

Menggunakan system informasi untuk mengembangkan hubungan kuat dan kesetiaan pelanggan dan pemasok.

Dampak intenet pada daya kompetitif

1. Produk dan jasa pengganti

Memungkinkan pengganti baruuntuk muncul denganpendekatan baru guna memenuhi kebutuhan dan melakukan fungsinya.

2. Daya tawar pelanggan

Ketersediaan harga global dan informasi produk.

3. Daya tawar pemasok

Pembelian melalui internet cenderung meningkatkan daya tawarterhadap pemasok.

4. Ancaman pemain baru

Internet mengurangi halangan untuk memasuki pasar

5. Persaingan perusahaan dan posisi perusahaan

Memperluas pasar geografis, meningkatkan jumlah pesaing, mengurangi perbedaan diantara para pesaing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar