Minggu, 25 Oktober 2009

Infrastruktur TI dan Teknologi baru

Infrastruktur teknologi informasi didefinisikan sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platfrom untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur TI terdiri dari atas sekumpulan perangkat dan aplikasi peranti lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan besar secara keseluruhan. Yang termasuk layanan tersebut adalah :
• Platfrom komputasi yang digunakan untuk menyediakan layanan komputasi yang menghubungkan karyawan, pelanggan, dan pemasok dalam lingkungan digital yang konsisten, yang meliputi mainframe besar, komputer dan laptop dan personal digital asistant (PDA) serta internet.
• Layanan telekomunikasi yang menyediakan data, suara dan konektivitas vidio kepada karyawan, pelanggan, dan pemasok.
• Layanan pengaturan data yang menyimpan dan mengelolah data perusahaan dan menyediakan kemampuan untuk menganalisis data.
• Layanan peranti lunak aplikasi yang menyediakan kemampuan untuk keselurahan perusahaan seperti sistem perencanaan sumber daya perusahaan, manajemen hubungan pelanggan, manajemen rantai pasokan, dan manajemen pengetahuan yang digunakan bersama-sama oleh seluruh unit bisnis.
• Layanan manajemen fasilitas fisik yang mengembangkan dan mengelolah instalasi fisik yang digunakan bersama-sama oleh seluruh unit bisnis.
• Layanan manajemen TI yang merencanakan dan mengembangkan infrastruktur, berkoordinasi dengan unit bisnis dan berbagai layanan TI, mengelola akuntansi untuk pengeluaran TI, dan menyediakan layanan proyek.
• Layanan standar TI yang memberikan kebijakan yang menentukan teknologi informasi mana yang akan digunakan, kapan, bagaimana menggunakanya, kepada perusahaan dan unit-unit bisnis.
• Layanan pendidikan TI yang menyediakan pelatihan untuk karyawan dan melatih manajer dalam menyediakan dan mengelola investasi TI.
• Layanan penelitian dan pengembangan TI yang menyediakan perusahaan dengan penelitian mengenai proyek-proyek TI yang berpotensi dan investasi yang dapat membantu perusahaan mendiferensiasikan diri di pasar.
Evolusi Infrastruk TI
Kita telah mengetahui lima tahap dalam evolusi yang masing-masing memberikan konfigurasi daya komputasi dan elemen-elemen infrastruktur yang berbeda. Lima era tersebut adalah mesin akuntasi elektronik, mainframe umum dan komputasi minikomputer, PC, jaringan klien/serve dan komputasi perusahaan dan internet.
Era masin elektronik : 1930-1950
Era pertama dalam komputasi bisnis menggunakan mesin khusus yang dapat menyortir kartu komputer, menghitung total, dan mencetak laporan. Meskipun mesin akuntansi elektronik merupakan pengolah tugas-tugas akuntansi yang efisien, tersebut mesin akuntansi elektronik merupakan pengolah tugas-tugas akuntansi yang efisien, tersebut berukuran besar dan tidak praktis.
Era mainframe umum dan komputer mini : 1959 hingga sekarang
Komputer tabung vakumyang semuanya bersifat elektronik yang komersial pertama muncul di awal tahun 1950-an dengan diperkenalkannya komputer UNIVAC dan IBM 700. Baru pada tahun 1959 diperkenalkan IBM 1410 dan mesin trnsitor 7090 dan penggunaan mainframe komersial mulai tersebar luas. Pada tahu 1965, komputer mainframe komersial ini benar-benar sendiri dengan diperkenalkannya IBM 360 adalah komputer komersial pertama dengan sistem operasi yang kuatyang dapat menyediakan time sharing, multitasking, dan memori virtual di model-modelnya yang lebih canggih.
IBM menguasai komputasi mainframe sejak tahun 1965 dan masih menguasai pasr global senilai $27 miliar tahun 2007. Dewasa ini sistem mainframe dapat bekerja dengan berbagai komputer dari pabrik yang berbeda dan berbagai sistem operasi pada jaringan klien berdasarkan standar teknologi internet.
Era mainframe adalah periode komputasi yang sangat terpusat dibawah kendali programer profesional dan operator sistem, dengan elemen-elemen infrastruktur yang kebenyakan disediakan vendor, yaitu produsen peranti keras dan peranti lunaknya.
Era PC : 1981 hingga sekarang
Berkembangnya PC pada tahun 1980-an dan awal 1990-an meluncurkan serangkaian perangkat produktivitas untuk PC desktop-pengolah data, spreeadsheet, program persentasi elektronik dan progran manajemen data berukuran kecil yang sangat berharga bagi para pengguna di perusahaan dan di rumah. PC tersebut merupakan sistem yang berdiri sendiri hingga peranti lunak sistem operasi pada tahun 1990-an mampu membuatnya tersambung kejaringan.
Era klien/serve : 1983 hingga sekarang
Pada komputasi klien/serve, desktop atau laptop yang disebut klien, dihubungkan ke jaringan komputer server yang tangguh yang menyediakan kapasitas dan layanan bagi komputer klien.
Sementara jaringan klien/server sederhana dapat ditemukan pada bisnis kecil, jaringan yang dimiliki oleh kebanyakan perusahaan besar adalah arsitektur klien/server bertingkat yang lebih kompleks, yang cara kerja seluruh jaringannya dibagi secara merata pada beberapa tingkatan berbeda dari server-server, bergantung pada layanan apa yang diminta.
Penggerak Teknologi dari Evolusi Infrastruktur
Hukum Moore dan Daya Pemrosesan Mikro
Jumlah komponen pada sebuah chip dengan produksi per komponen yang terkecil (pada umumnya transitor) akan menjadi dua kali lipat setiap tahunnya, penyataan ini menjadi hukum Moore.
Ada tiga variasi dari hukum moore, (1) kekuatan mikroprosesor menjadi dua kali lipat setiap 18 bulan, (2) kekuatan komputasi menjadi dua kali lipat setiap 18 bulan, dan (3) harga komputasi bekurang setingahnya setiap 18 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar